Cara Memperbaiki GPS Android Yang Tidak Bisa Menemukan Lokasi

Seting gps android - Pernahkah anda mengalami kejadian dimana pada saat akan menggunakan gps untuk menemukan lokasi yang terjadi malah gps tidak akurat ? Tentu dalam kondisi ponsel android tidak bisa menemukan lokasi kita pasti akan kebingungan terlebih lagi jika kita berada di tempat yang tidak kita ketahui sebelumnya dan tidak ada seorangpun disekitar kita. Masalah gps hp android mengenai keakuratan dalam menentukan lokasi memang sudah menjadi masalah yang sering terjadi pada banyak pengguna smarphone android. Walhasil ketika gps memberikan petunjuk yang tidak tepat maka yang terjadi adalah kita akan semakin tersesat.

Sekarang ini gps sudah menjadi perangkat yang cukup penting pada suatu ponsel baik itu android, iphone ataupun blackberry. Untuk itu penanganan masalah gps tidak akurat haruslah segera diatasi agar gps pada ponsel android yang kita miliki dapat menemukan lokasi secara tepat dan akurat. Bagi seorang traveler atau orang yang hobi berkeliling jika lokasi google map tidak tepat tentu akan menjadi suatu masalah karena pedoman mereka untuk menuju lokasi tujuan sering kali berpedoman pada aplikasi google map. Maka dari itu periksa semua perlengkapan sebelum berpergian termasuk peta yang ada pada ponsel android yang menjadi pedoman saat berpergian.

Maka dari itu pada pertemuan kita kali ini, katalog ponsel akan mencoba berbagi tips tentang cara seting gps android agar lebih optimal untuk anda gunakan pada hp adroid kesayangan anda. Jadi sekarang anda tidak perlu binggung untuk mengatur gps yang tidak bisa menemukan lokasi. Untuk itu mari langsung saja kita bahas tentang cara seting gps android agar akurat yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Cara Memperbaiki GPS Android Yang Tidak Bisa Menemukan Lokasi

cara memperkuat sinyal gps di android
 sumber gambar : http://adamcecc.blogspot.com/

Sebelum kita mulai pembahasan mengenai cara seting gps android yang tidak bisa menemukan lokasi, mari kita lihat terlebih dahulu mengenai cara menggunakan google map pada ponsel android kita. Berikut langkah - langkahnya :

  1. Aktifkan GPS Pada Ponsel Android. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan terlebih dahulu pengaturan GPS di android kita dengan cara buka pengaturan kemudian pilihlah layanan lokasi. Setelah itu pada bagian ini pilih menu, gunakan satelit GPS dan pencarian lokasi agar sistem gps di android anda aktif. Walaupun cara mengaktifkan gps setiap ponsel berbeda - beda, intinya hampir sama seperti yang sudah kami tuliskan tersebut.
  2. Buka aplikasi Google Maps. Cara untuk menentukan titik koordinat tepat dimana lokasi kita berada pada saat berlangsung, yaitu dengan cara klik tombol kecil dengan garis empat kecil disekelilingnya.
  3. Tampilkan lokasi saya. Agar GPS kita dengan mudah menentukan lokasi dimana kita berada, maka sebaiknya kita berada tepat di bawah langit biru yang cerah. Jika lokasinya sudah tepat maka akan terlihat titik biru kecil. Akan tetapi jika lingkaran tersebut terlihat besar itu menandakan lokasi masih belum tepat (tidak akurat).

Cara Memperbaiki GPS Android Yang Tidak Akurat


Langkah paling mudah yang pertama adalah dengan memeriksa Satelit GPS dan Internet karena setiap orang pasti dapat mengetahui ponsel android mereka terdapat jaringan internet atau tidak. Untuk memastikan jaringan internet hp android tersebut benar - benar hilang atau tidak, anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut :

  • Dengan membawa perangkat gps anda ke tempat terbuka. Lihatlah apa terdapat perubahan atau tidak. Jika cuaca diluar ruangan sedang mendung mungkin itu salah satu penyebab kenapa gps anda tidak bisa menemukan lokasi.
  • Akan tetapi jika cuaca di luar cerah, kemungkinan itu memang gps anda sedang bermasalah. Jika memang benar anda dapat mencoba dengan memasang aplikasi - aplikasi essentials. Aplikasi ini akan mendeteksi satelit yang berada diatas serta menggunakan satelit terdekat untuk membantu memperbaiki perangkat gps anda.

Namun apabila car diatas masih belum dapat mengatasi tingkat keakuratan lokasi gps anda, sebaiknya anda perlu mencoba cara menghapus modemst dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka tools adb di komputer. Silakan cari di Google.
  2. Kemudian ketik adb reboor bootloader.
  3. Setelah itu apabila anda sudah masuk pada bootloader ketik fasboot erase modemst 1 >> fasboot erase modemst 2 >> fasboot reboot.
  4. Kemudian langkah berikutnya nyalakan handphone. 
  5. Periksa dengan menggunakan aplikasi GPS Test. 
  • Jika form tersebut sudah terisi dengan angka - angka, maka gps anda sudah bisa digunakan lagi. 
  • Akan tetapi jika cara diatas belum juga dapat mengatasi permasalahan keakuratan gps, kemungkinan besar permasalahannya terdapat pada hardware ponsel android itu sendiri.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Error / Tidak Berfungsi
  2. Cara Memperbaiki Fingerprint HP Xiaomi Yang Tidak Merespon

Demikian postingan kami kali ini yang mengulas tentang masalah gps ponsel android yang tidak bisa akurat. Sekian dan terima kasih ..

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer